Memperkenalkan Gim Pada Anak

Wah, saya teringat gim yang mungkin pertama kali saya mainkan dalam hidup saya: Contra, ketika masih sangat kecil sekali di NES/Famicom di rumah sepupu.

Ingat main berdua dengan sepupu saat itu dan penuh dengan rasa frustasi, tapi juga terasa sangat menyenangkan.

Apalagi ketika berhasil ngelewatin “gerbang” pertama yang ada di ujung Stage 1 dan beralih ke layar over-shoulder.

Rasanya saat itu seperti melihat sesuatu yang berasal dari planet asing.

Min Qismin jadi berandai-andai, kalau misalnya saat ini teman min Qismin ada yang punya anak, gim apa ya yang bakal min Qismin sarankan untuk perkenalkan pertama kalinya?

Tentu saja min Qismin juga ga mau hardcore anak dijejelin Dark Souls atau Cuphead pertama kali main (Macam Contra tak hardcore saja wk). Eh tapi seriusan, Saya sih kepinginnya memperkenalkan anak si temen dengan gim yang selain ga terlalu bikin frustasi, namun juga bisa mengasah kemampuan berpikir mereka untuk memecahkan persoalan, gitu.

Pikir punya pikir, Min Qismin rasa ada satu gim yang tidak banyak mendapatkan ulasan positif dari media maupun gimer, tapi konsep yang diemban sangatlah cocok untuk teman pertama anak bermain gim.

Namanya adalah…

YONO and The Celestial Elephants

Jujur, ini gim ADORABLE bangjet! Tapi selain emang menggemaskan dan juga tidak terlalu sulit, gim ini juga memberikan tantangan berpikir dengan puzzle yang cukup bisa dirambah oleh otak anak-anak.

Memang ya, Yono cukup linear dari segi penceritaan dan quest-nya juga rata-rata bertipe fetch quest. Selain itu, mungkin banyak orang yang bilang Yono itu membosankan, tapi menurut min Qismin engga kok.

Dari sisi cerita sendiri rada sporadik ya, namun ceritanya memiliki arti yang cukup dalam loh sebenarnya. Namun memang sengaja dikemas sesimpel mungkin agar dapat dimengerti oleh anak-anak.

Cerita dari Yono ini bisa sedikit atau kurangnya membakar rasa penasaran di dalam diri si anak. Syukur-syukur si anak tertarik dan bertanya.

Jadi menurut min Qismin, gim ini sangat sesuai sekali dimainkan oleh anak berumur setidaknya 5-7 tahunan sebagai gim konsol atau PC pertama mereka dengan panduan atau pantauan orang tua.

Puzzlenya, presentasinya, bahasanya yang bersih, tidak terlalu panjang juga, semuanya cocok buat perkenalan pertama anak dengan dunia gim menurut min Qismin. Tentu saja ini semua menurut opini pribadi min Qismin ya.

Kalau misalnya ada orangtua yang ngerasa GTA adalah pilihan yang lebih baik untuk diperkenalkan pada anak sebagai teman pertama bermain gim, yaa…monggo. Min Qismin juga ga protes.

Yono tersedia di Steam dan di Switch. Kalau boleh jujur, lebih baik main yang di versi Switch karena yang versi Steam rada-rada ada masalah dengan kontrolnya sesuai dengan pengalaman min Qismin bermain.

Ada lagi?

Mungkin HuniePop y— sudahlah, mari sudahi artikelnya sebelum makin ngaco.

Jika sobat-sobat Qismin ada ide gim pertama sebagai perkenalan lain yang cuco buat anak-anak kecil sekitar umur 5-7 tahunan, silahkan diberikan di kolom komentar ya!

Penulis Qismin
Diterbitkan
Kategori Informasi
Dilihat 239

Komentar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Pos-Pos Terbaru

Twitter

Pengen jalan-jalan sembari membawa Nintendo Switch beserta printilannya? Sekarang ada Deluxe Hard Case dari Qismin,… twitter.com/i/web/status/1…
Selalu lindungi Switch sobat Qismin dengan hard pouch dari Qismin! Bahannya EVA dan bisa mengamankan dengan sangat… twitter.com/i/web/status/1…