Harus Beli Switch Juga apa Ngga Sih?

Min Qismin sering dengar ya pertanyaan ini, “Beli Nintendo Switch ga ya?” ditujukan ke teman-teman min Qismin atau ke min Qismin sendiri.

Kalau min Qismin boleh jujur, jawaban min Qismin sih, “Beli, woi! Beli! Aksesorisnya beli di Qismin tapi yak!”

Tapi tentu saja itu jawaban dari hati kecil min Qismin sebagai penjual haus perasaan kasih sayang struk transfer kastemer.

Tentu saja jawaban min Qismin sebagai individual tanpa melihat sebagai status min sebagai penjual aksesoris gim (terutama Switch sekarang) akan sangat berbeda ya.

Bagi Min Qismin sendiri, secara pribadi, ga segampang itu juga menyarankan membeli Nintendo Switch ke orang-orang, karena lagi-lagi, semua sangat bergantung ke calon pemilik dan seleranya. Walaupun melihat perkembangan terkini, sepertinya Nintendo Switch mulai aktif menarget lapisan pasar yang berbeda-beda melalui penerbit pihak ketiga. Jadi lebih versatile-lah istilahnya.

Doyan handheld?

Keunggulan utama Switch adalah pada sistem hibridnya dimana gimer bisa dengan leluasa membawa konsol gimnya ke mana-mana dengan lumayan praktis.

Dan yang pasti ga bergantung banget pada koneksi internet dua arah seperti PS4 Remote Play yang ngebikin min Qismin nyaris naik darah berkali-kali kala ngebawa Vita jalan-jalan ke luar rumah buat nge-remote play PS4.

Apabila sobat Qismin merasa nyaman dengan bermain konsol gim handheld seperti 3DS atau Vita, maka min Qismin sangat menyarankan untuk membeli Switch.

Tapi tunggu dulu, masih banyak faktor lainnya seperti…tipe gim kesukaan sobat Qismin, misalnya.

FPS! Pew! Pew!

Gimer penggemar genre FPS sendiri sebenarnya juga terbagi-bagi banget menjadi beberapa faksi, ya.

Seperti misalnya (namun tidak terbatas pada):

  • Faksi yang ga masalah dengan resolusi dan jumlah frame per detik
  • Faksi yang sangat mementingkan resolusi dan jumlah frame per detik sebagai faktor utama kenyamanan
  • Faksi doyan FPS berdasarkan titel (cth: CoD atau Battlefield)

Namun secara umum, Min Qismin belum sepenuhnya bisa menyarankan membeli Switch untuk penggemar setia genre ini walaupun saat ini beberapa penerbit pihak ketiga seperti Bethesda sedang giat-giatnya memasukkan titel FPS ke Switch.

Bagaimana dengan prospek tahun-tahun ke depannya? Ya! Penggemar genre FPS boleh untuk mulai mempertimbangkan konsol gim hibrid ini untuk dimiliki, apalagi dengan adanya kepastian kehadiran dari Metroid Prime 4.

Gim FPS yang sudah tersedia di Switch dan Min Qismin rekomendasikan: DooM
Gim FPS yang akan terbit kedepannya di Switch dan mungkin layak main: PayDay 2, Wolfenstein 2, Metroid Prime 4.

Sport!

Emm…jangan dulu deh beli Switch sekarang bagi penggemar gim dengan genre sport. Walaupun FIFA 18 mendapatkan penjualan yang baik di Jepang, teteup sih, yang gimer dapatkan saat ini cuma versi digunting abis-abisan dari sodara-sodaranya di konsol tetangga seperti PS4 dan XBOX One. Apalagi versi PCnya.

NBA2K 18 di Switch? RBI Baseball? Jangan ditanya wahai sobat Qisminq, ini semua ancur.

Min Qismin korban menangys darah karena beli RBI Baseball.

Gim Sport yang sudah tersedia di Switch dan Min Qismin AGAK rekomendasikan: FIFA 18
Gim Sport yang akan terbit kedepannya di Switch dan mungkin layak main: Saat ini situasi cukup surem.

Action!

WAINI! Ini dia powerhouse-nya Switch. Walaupun genre ini pun masih terbagi-bagi lagi menjadi beberapa sub-genre seperti Open world action adventure, Platforming, dsbnya, namun secara umum Min Qismin sangat menyarankan membeli Switch apabila doyan dengan genre ini.

Untuk list yang ada di bawah, min Qismin coba pukul rata aja ya semua Action dan sub-genre-nya apakah itu platforming, open world, dan lain-lain.

Kenapa? Karena niatnya sih buat diterbitkan pas makan siang, tapi jadinya melebar bangjet.

Gim Action yang sudah tersedia di Switch dan Min Qismin rekomendasikan: Super Mario Odyssey, The Legend of Zelda: Breath of the Wild.
Gim Action yang akan terbit kedepannya di Switch dan mungkin layak main: Bayonetta 3, Mega Man 11, Gim Yoshi (belum ada judulnya), dan juga Kirby (belum ada judulnya juga).

RPG!

Min Qismin cukup merekomendasikan apabila sobat Qismin penggemar genre RPG dengan elemen tradisional baik itu JRPG maupun CRPG dengan beragam macam aturan D&D-nya. Yang terakhir kali disebut sih sebenarnya opsinya belum begitu banyak ya.

Kenapa cukup? Karena lagi-lagi, ini sangat bergantung pada pola bermain sobat Qismin. Karena kebanyakan yang muncul saat ini adalah port konsol lain, jadinya ya begintrong. Kalau seneng main handheld dan emang polanya mobile ‘mah, rekomendasi banget.

Namun setidaknya bagi min Qismin, masa depan genre ini di Switch sangat cerah. Apalagi setelah kemunculan Xenoblade Chronicles 2 yang eksklusif buat Switch dan…waw, min Qismin sampai nangis berkali-kali maininnya. Bagus banget!

Gim RPG yang sudah tersedia di Switch dan Min Qismin rekomendasikan: Xenoblade Chronicles 2, Skyrim.
Gim RPG yang akan terbit kedepannya di Switch dan mungkin layak main: Lost Sphere, Project Octopath Traveler, Dark Souls Remastered, Shin Megami Tensei V, YS VIII: Lacrimosa of Dana.

Fighting!

Ngggghhh…., gimana yah. Mau dibilang surem mah engga, ga dibilang surem juga sulit sih.

Bagi min Qismin, saat ini belum bisa rekomendasikan Switch apabila sobat Qismin doyan banget sama genre ini. Banyak sekali faktor, selain emang gimnya terbatas saat ini, yang ngebikin min Qismin ga bisa rekomendasikan.

Faktor apa saja? D-Pad Joy-Con Switch yang memang rada ga cuco sama genre ini. Demikian pula dengan pro-controller ori yang juga rada ga enak D-Padnya menurut beberapa gimer.

Selidik punya selidik, sepertinya hal tersebut dikarenakan desain D-Pad pro-controller yang terlalu rendah jendolan tengahnya. Jadi kadang tombol D-Pad yang ga ketekan malah keikut keregister. Untuk genre lain sih ga masalah ini, tapi untuk genre fighting yang memerlukan akurasi, ini masalah banget ‘bo.

Bagi yang doyan genre ini dan ga masalah main di rumah atau ngebawa tas/koper tambahan kalau lagi jalan-jalan, lebih baik investasi ke keluarga PS4 atau PC. Setidaknya untuk saat ini.

SAAT INI.

SAMPAI…

SAMPAI…

SUPER SMASH BROS untuk SWITCH KELUAR!

Gim Fighting yang sudah tersedia di Switch dan Min Qismin AGAK rekomendasikan: Ultra Street Fighter II: The Final Challengers, ARMS, Pokken Tournament DX
Gim Fighting yang sudah tersedia di Switch dan Min Qismin AGAK rekomendasikan kalau Wibu (Kalau bukan Wibu, jangan, sumpah, jangan): Touhou Kabuto V: Burst Battle
Gim Fighting yang akan terbit kedepannya di Switch dan mungkin layak main: Street Fighter 30th Anniversary Collection.

Strategy

Kalau penggemar turn-based strategy, saat ini min Qismin juga cukup merekomendasikan Switch karena masa depan genre ini cukup cerah di Switch. Nah, bagi penggemar RTS…ini yang rada sulit sih. Karena sepertinya belum ada spesimen yang muncul di Switch saat ini yang bisa cukup direkomendasikan.

Bagi min Qismin sendiri sih, kalau emang doyan TBS dan handheld, hajar beli!

Gim Strategy yang sudah tersedia di Switch dan Min Qismin rekomendasikan: Disgaea 5 Complete, Mario+Rabbids Kingdom Challenge.
Gim Strategy yang akan terbit kedepannya di Switch dan layak main: Valkyria Chronicles 4

Segitu Dulu

Sebenarnya sih masih banyak banget ya genre yang lainnya yang dapat mempengaruhi faktor apakah beli Switch atau tidak. Namun lagi-lagi, energi terbatas min Qismin yang harus memisahkan kita dari kelanjutan artikel kali ini.

Akhir kata, apapun keputusan akhir sobat Qismin, untuk membeli Switch atau tidak membeli Switch, beli aksesorisnya teteup di Qismin yaaa (walaupun saat ini adanya baru untuk Switch)

Apabila ada yang ingin ditanyakan atau memberikan informasi tambahan, misalnya, kalau doyan yang puzzle, beli Switch atau engga, silahkan ya di kolom komentar atau mendaftar di forum, biar kita bisa berdiskusi semwah!

Penulis Qismin
Diterbitkan
Kategori Informasi
Dilihat 266

Komentar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Pos-Pos Terbaru

Twitter

Pengen jalan-jalan sembari membawa Nintendo Switch beserta printilannya? Sekarang ada Deluxe Hard Case dari Qismin,… twitter.com/i/web/status/1…
Selalu lindungi Switch sobat Qismin dengan hard pouch dari Qismin! Bahannya EVA dan bisa mengamankan dengan sangat… twitter.com/i/web/status/1…