Bagaimana Cara Memilih Adaptor Alternatif untuk Nintendo Switch?

Banyak sekali adaptor Nintendo Switch alternatif yang dijual di pasaran. Namun tidak semua mengikuti spesifikasi yang dibutuhkan agar sanggup mengisi ulang baterai Switch sambil memainkannya baik dalam mode handheld maupun dock.

Rata-rata adaptor tersebut hanya mampu mengisi ulang ketika Switch dalam posisi idle atau dimatikan.

Bahkan ada adaptor alternatif berharga sangat murah yang tidak dapat mengisi ulang baterai Switch bahkan dalam posisi idle, jadi harus dimatikan terlebih dahulu dan proses pengisian baterai memakan waktu sangat lama.

Jadi bagaimana ya cara mencari adaptor alternatif yang sesuai untuk Switch?

Min Qismin akan bantu berikan sedikit informasi cara untuk memilihnya dan semoga informasi yang Min Qismin berikan dapat membantu sobat-sobat Qismin semua.

Power Intake

Nintendo Switch akan menyesuaikan penarikan daya secara otomatis dengan tipe adaptor yang digunakan. Semakin besar daya yang dapat ditarik oleh Switch sesuai dengan apa yang dideteksi, maka pengisian baterai akan semakin cepat (apabila dalam keadaan mati atau idle) atau dapat dimainkan sembari mengisi baterai secara perlahan.

Kelas A (Baik)

Menurut beberapa sumber informasi yang Min Qismin dapatkan, adaptor yang dapat digunakan di sini memiliki spesifikasi yang paling baik yang dapat digunakan untuk mengisi baterai Switch sembari bermain.

Nintendo Switch akan menarik lebih kurangnya 18 watt daya.

Adaptor-adaptor tersebut memiliki nilai sebagai berikut:

  • 9V ≥2A
  • 12V ≥1.5A
  • 15V ≥1.2A

Kelas B (Cukup)

Sementara di kelas ini, Switch masih dapat dimainkan sembari melakukan pengisian baterai walau mungkin tidak bisa menyamai kelas A dari sisi kecepatan pengisian (tergantung dari gim yang sedang dimainkan dan banyak sekali faktor lainnya)

Nintendo Switch akan menarik lebih kurangnya 10 watt daya.

Pilihan ini sangat baik dari sisi harga.

  • 5V 3A

Kelas C (Daripada ga ada, ye kan)

Kelas C masih bisa mengisi baterai Switch namun sangat Min Qismin tidak rekomendasikan menggunakannya apabila sedang memainkan gim yang banyak menyedot baterai.

Pilihan yang terbaik untuk berhemat total (karena sudah dapat dipastikan banyak sobat Qismin yang sudah memilikinya) apabila hanya mengisi baterai Switch ketika Switch dalam keadaan mati/idle, tidak terburu-buru untuk memainkannya, atau memainkan gim yang tidak terlalu banyak mengandung faktor-faktor yang menyedot banyak daya.

Nintendo Switch akan menarik lebih kurangnya 7.5 watt daya.

  • 5V 1.5A
  • 5V 2A
  • 5V 2.1A
  • 5V 2.4A

Kelas D (Nganu..)

Min Qismin hanya bisa berkata:

Nganu…bisa sih…tapi…

Nintendo Switch akan menarik lebih kurangnya 5 watt daya.

  • 5V ≤1A

Kesimpulan

Sobat Qismin yang ingin berhemat bisa mencari adaptor dengan kapasitas 5V 3A. Namun, alangkah baiknya apabila bisa mencari adaptor alternatif yang sama dengan spesifikasi adaptor dari Nintendo Switch sendiri: 15v 2.6A.

Keputusan terakhir ada di tangan sobat Qismin. Apakah ingin membeli yang kelas A (Uhuk, uhuk, Qismin ada produknya, uhuk) atau kelas yang lainnya.

Selamat bermain gim, sobat Qismin!

Penulis Qismin
Diterbitkan
Kategori Informasi
Dilihat 354

Komentar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Pos-Pos Terbaru

Twitter

Pengen jalan-jalan sembari membawa Nintendo Switch beserta printilannya? Sekarang ada Deluxe Hard Case dari Qismin,… twitter.com/i/web/status/1…
Selalu lindungi Switch sobat Qismin dengan hard pouch dari Qismin! Bahannya EVA dan bisa mengamankan dengan sangat… twitter.com/i/web/status/1…